Tidur Secara Berlebihan Amankah untuk Kesehatan?

Tidur memang menjadi salah satu kebutuhan penting bagi manusia, karena dengan beristirahat maka tubuh akan memulihkan kembali energi dan juga meningkatkan sistem imuns atau kekebalannya sehingga tidak akan mudah sakit. Sehingga bagi orang-orang yang kurang jam tidurnya atau istilahnya adalah terkena insomnia lebih mudah sakit dibandingkan dengan orang-orang yang jam tidurnya cukup. Lalu bagaimana jika terjadi kondisi sebaliknya, terlalu banyak jam atau waktu yang dihabiskan untuk tidur. Hal ini nyatanya juga tidak baik untuk kesehatan.

Tidur Secara Berlebihan

Sekarang ini telah hadir aplikasi tanya dokter online yang memungkinkan kemudahan di dalam mendapatkan informasi kesehatan dan juga konsultasi secara langsung dengan dokter, bahkan secara realtime. Anda nantinya juga bisa bertanya mengenai kondisi kesehatan yang dialami pada ahlinya secara langsung. Anda bahkan juga bisa menanyakan mengenai jam tidur yang berlebihan semacam ini. Waktu tidur yang berlebihan nyatanya memang tidak hanya bisa menyebabkan masalah kesehatan saja, melainkan juga mengurangi waktu produktif Anda.

Jika seandainya Anda mengalami kondisi tersebut, maka ada baiknya untuk segera melakukan penanganan. Berikut ini diantaranya beberapa tips yang bisa Anda terapkan guna mengatasi jam tidur yang berlebihan tersebut, yaitu:

1. Terapkan langkah-langkah tidur yang sehat, cara yang satu ini sebenarnya sangatlah mudah, hanya saja harus ada komitmen dan juga disiplin. Manfaatnya juga sangat terasa untuk mengembalikan jam tidur Anda secara normal atau seperti sedia kala. Seperti diantaranya adalah dengan membiasakan jam tidur dan juga waktu bangun Anda setiap hari. Bagi yang terbiasa tidur siang maka hendaknya juga membatasi jam tidur siang maksimal hanya 30 menit saja setiap harinya. Termasuk diantaranya adalah menjaga asupan makanan yang dikonsumsi selama akan tidur.
2. Melakukan terapi kognitif dan juga perilaku, langkah yang satu ini juga dapat dijadikan sebagai alternatif guna mengatasi jam tidur yang berlebihan. Tentunya program tersebut harus dilakukan berdasarkan anjuran dari ahlinya, seperti psikiater, dimana nantinya Anda dapat melakukan sesi konsultasi dan mencari solusi bersama-sama.
3. Mengonsumsi obat stimulan, obat yang satu ini digunakan untuk mempercepat terjadinya pengiriman sinyal antara otak dan juga tubuh. Biasanya memang efektif dipakai untuk mengatasi gangguan tidur berlebihan. Hanya saja meskipun efektif ada beberapa efek samping yang sering kali ditimbulkan olehnya jika dikonsumsi dalam jangka waktu panjang, untuk itu tetap harus dilakukan konsultasi ketika ingin menggunakannya, pakai sesuai dengan anjuran dari dokter.
4. Menggunakan obat non stimulan, beberapa jenis obat yang sifatnya non stimulan juga efektif untuk membuat Anda terjaga atau tidak mudah tidur. Karena memang obat-obatan semacam ini dapat meningkatkan produksi dopamin yang ada di dalam tubuh, sehingga tidak mudah merasa ngantuk. Namun sekali lagi konsumsinya juga harus berdasarkan anjuran dokter.
5. Mengonsumsi obat natrium oxybate, ini digunakan untuk mereka yang terkena narkolepsi, yaitu sebuah gangguan tidur parah yang disertai dengan rasa ngantuk yang berlebihan. Obat yang satu ini dapat digunakan untuk mengatasi hypersomnia, hanya saja kembali lagi penggunaannya juga tidak boleh sembarangan. Pemakaian obat yang satu ini dapat mengurangi rasa kantuk bahkan sampai 71 persen.

Memang bukan hanya kurang tidur saja, melainkan berlebihan tidur sebenarnya juga tidak begitu baik untuk kesehatan. Konsultasikan masalah kesehatan Anda secara lebih mudah dengan mengandalkan aplikasi Halodoc, bisa tanya dokter online secara realtime.

0 komentar